Sunday, January 5, 2014

My HSG's story

Hsg adalah sebuat tes untuk mendeteksi penyumbatan saluran.. Biasanya sebelom di hydro (tiup) di HSG / hysterosalpingography terlebih dahulu.. 

Gw HSG setelah ttc 2bulan (feb 2013) ga kunjung positif.. Gw rada meksa dokternya buat di HSG (meski saat itu gw tau kalo hsg tu sakit) tapi gw mikir "daripada ntaran mending sekarang deh" kan ada peparah sakit-sakit dahulu senang kemudian.. Jadi gw niat banget HSG soalnya temen gw yang program hamil 3taon ga sukses, begitu di HSG , bulan itu dia positif.. Sepupu gw juga begitu.. 2taon nunggu anak ke 2, begitu di HSG, 3bulan kemudian positif.. 

Gw cuman takut ama umur gw yang udah mendekati kepala 3... Akhirnya dr.chandra tahiti (jl. Ambengan surabaya ama klinik kasih karunia surabaya) meng-iya kan HsG gw...

Di hari mens ke 2, dia kasi gw obat antibiotik untuk 5 ari.. Sehari 2x .. Jadi total 10 biji ( albiotin 300mg @Rp. 7194 )
Dy bilang supaya mempersiapkan body gw terhadap cairan atau mungkin ada lecet atau apa gt... Gw si iya iya aja.. Secara gw berulang kali mastiin "dok, saya takut sakit dok" , "saya ga tahan sakit dok, ntar kalo saya ga tahan gimana?" Haahahha ribet pokoknya... 

Hari ke 9 gw balik ke dokter chandra di ambengan buat HSG .. Ga tanggung2, karena HSG cukup lama 20-30menit jadi si dokter abisin pasien dulu.. Gw dapet giliran jam 12malem.. (Tapi di telp ama susternya jadi gw kg ga kelamaan nunggu di sana) .. 

Nyampe di klinik, gw dipanggil masuk .. Di suru duduk kaya posisi usg trans-v .. Berhubung ini bukan pengalaman pertama gw duduk dengan posisi gini, jadi gw nyante aja.. Di kasi obat penahan sakit lewat bawah tuh.. Rasanya kaya ngeganjel aja..

Trus nunggu di luar kira2 30menit.. Gw minum pondstan 50mg buat jaga2 ajaaa.. Gw takut banget rasa sakit.. 
30menit kemudian gw dipanggil masuk trus duduk lagi di tempat usg trans-v.. Si dokter mulai begini dan begitu.. Gw ga mau liat, soalnya kuncinya GAK BOLeH TEGANG.. Jadi gw bayangin aja film tom and jerry.. Gw nyante-nyante ama napas teratur.. Asli gw takut banget.. Gw si berasa di masukin gitu.. trus kaya di jepit atau penyangga atau apa gt.. Rasanya adem doank .. Ac nya kenceng pisan euy.. Ga sakit ama skali..
Trus dokternya bilng "ini saya masukin cairannya ya.. Nah ini cairannya mulai masuk, liat aja monitornya" .. Mulai dah rasa ga nyaman dikit demi sedikit berangsur parah kaya kebelet be*l .. Ampe berasa dilep.. Gw uda ga mo liat monitor, gw cuman mau konsentrasi ama nafas gw yang mulai ngos2an.. Gw biarin aja si dokter ngelakuin yang dy mao ampe hasil yang dia pingin.. 
Si dokter bilng "ṏĸ kok, tuba patent" .. Fiuh legaaa.. 

Setelah itu gw pake pembalut.. Karena dengernya bisa kaya mens.. Gw si cuman berdarah dikit banget.. Perutnya juga gpp.. Ga berasa ga enak, ga berasa sakit.. Just fine.. HORE , 1 udah terlewati.. 
Trus kita nebus obat 

Seminggu kemudian kontrol dan bole berhubungan kek ya 1.5minggu kemudian.. Total biaya hsg 1.1jt (include obat-obatan di resep atas)

3bulan kemudian gw hamil tapi sayangnya cuman bertahan 6w5d .. 😟

No comments:

Post a Comment