Sunday, January 12, 2014

My IVF's journey started

Hasil USG sangat menggembirakan, kista 2bulan lalu 5cm, bulan lalu 2.4cm dan today about 1.3 cm .. (Puji tuhan..)

Nyampe di siloam pukul 7pagi ambil darah start 8pagi. Trus antri usg .. Pukul 10.30 semua kelar.. Tinggal nunggu ntar malem.. Gimana pendapat aucky.. 

Wish me luck!! 

Anyway jarum untuk ambil darah gede banget boooo.. Ampe nut nut an pas diambil.. Beruntung gw bawa alchohol swap soalnya kalo ngga , ntar banyak lebam di tangan ama perut .. 


------------------------------------------------
Day #1 gonal F #13-01-2014#
Dapet 2ampul @600.000 total 1x suntik 1.200.000.. 
Nyuntiknya di perut bawah kanan kiri (gantian , sehari kanan sehari kiri) 
Perasaan pas di suntik : berasa kaya di gigit semut pas obatnya masuk.. Pas di tusuk si ga berasa soalnya jarumnya super kecil. Ini bakal dilakuin selama 4hari kedepan(13january -16january) trus 17january tes hormon+usg dan 17january malem, kontrol dokter buat tentuin dosis lagi.

Status mental: biasa aja..  (Setelah jalanin semuanya kayanya suntik gonal f ini yang paling enak.. Ga berasa apa2)

Day #5 suntik gonal f + menopur + penguat (supaya ga pecah) #17-01-2014#

Pagi-pagi pukul 7udah "ngantor" di siloam... Tes hormon dan usg pada pukul 9pagi.. Hasil USG so so la.. Dokter hendro bilang ada 4telor di kanan 13x11x10x7 ama 3telor di kiri 10x9x7.. 1angkatan kek nya gw yang saat ini paling banyak telurnya.. Tapi itu ga menjamin loh.. Soalnya semua balik lagi ke "rencana Tuhan" .. 
Malem ke siloam lagi (cape bolak baliknya booo) , ketemu dokter hamdani, dy bilang gw di tambah 1 ampul jadi total 3 ampul.. (2ampul gonal f ama 1 ampul menopur di jadiin 1.. )

Trussss ternyataaa di sisi satu nya gw kudu suntik CTT supaya telurnya ga pecah duluan... Buset dahhhh gw di suntik bagian kanan dan kiri.. 
Foto diatas adalah suntik CTT supaya telurnya jangan pecah dulu.. Kenapa ada minyak tawonnya? Karena bisa kaya "merintis" setelah suntik.. Selidik punya selidik dari "angkatan atas" perutnya bisa biru-biru gt ntar.. Jadiiii supaya ga biru2, gw udah sedia minyak tawon.. Hasilnya lumayan cepet.. 1jam setelah di kasi minyak tawon, perut jadi mulus seperti awal..

Ini penampakan setelah di suntik CTT
Gw gak tau, apa gw yang alergi atau emang setelah suntik selalu begini ya.. Gw nanya temen "seangkatan" mreka juga pada merah-merah gitu si..rasanya kaya cenut-cenut ama rada gatel gt.. Tapi setelah pemakaian minyak tawon, semua lenyap.. 

Daaannn berita dukanya adalah suntik CTT ini lumayan berasa...... Untungnya gw cuman perlu 3hari... Kata suami sehhhh, jarum untuk penguatnya rada gedeeee.. 

Beraaattt banget buat ngejalaninnyaaaa tapi semua kalo di-niatin pasti ada jalan.. Jadi bersyukur banget kalo hingga saat ini gw ga perna sakit yang harus berhubungan dengan jarum .. 

Status mental: masi oke, masi semangat, tantangan belom begitu berasa.. Tapi udah mulai eneg ama putih telur.. 

Status kulit perut: kayanya perut bawah gw berasa makin besar aja trus empuk banget.. Apa efek obatnya ya? Ga tau juga si.. 

Nb: Lendir kesuburan juga mulai nongol di fase ini.. Bentuknya kaya keputihan. Tapi ini warnanya rada kaya putih gading atau kadang transparan

Day #8 #20-01-2014#
Sejak day#5 hingga skrng banyak banget lendir yang keluar.. Dari yang transparan hingga kuning kecoklatan.. Itu normal yaa.. Dan itu bukan keputihan..
Hari ini USG dapet telor ukuran 20x18x16x14x11x10 yang bisa di ambil si yang 18-20 itu.. Sisanya ntah gimana itu.. 
Status mental : galau banget.. Takut banget ama OPU.. Suntik menyuntik berasa tidak ada apa-apanya .. 

Oh iya, pas ambil darah mulai bergeser ke tangan lainnya soalnya sisa ambil darah kemarin luka belom kering udah ambil darah lagi.. Lebam? Untungnya gw belom.. 

Malemnya , pas konsultasi ama dokter, aucky bilang telurnya yang siap cuman 1 atao 2 doank.. Yang lainnya butuh di suntik 2hari lagi.. 
Yaaa sudah la dokk.. Siap laksanakan .. Tapi gw mulai serem ama ambil darahhhh.. Tangan gw uda mulai teriak karena mulai lebam... Ampunnn dah.. 

Day #10 #22-01-2014#
Pagi ini di awali dengan tes hormon di jam 7.. Posisi tangan uda lebam semua.. 
Trus jam 9pagi usg.. Hasil USG sangat mencengang.. Ada 1telur 28mm lain nya masi ukuran normal, bahkan belom menembus 20mm .. 

Yang dirasa : rasa eneg, rasa kembung, mual ama bau2 wangi, perut berasa penuh, lendir banyak banget.. 

Malem ya konsul dokter ternyata ada 9telur paling gede 28mm, yang paling kecil 11 mm.. Dr.hamdani bilang si kalo ukuran belom menentukan kualitas telurnya.. Jadi ya pray pray pray....

Stela konsul singkat kita ke ruang suntik pregnyl.. Sakittttttttttttt banget.. Di pantat.. Tapi ga lama.. Sakitnya pas si obat masuk.. Jarumnya gede booo.. Cuman 10menit udah normal lagi.. 

Hari ini uda ga suntik gonal f .. Horeee besok libur suntikkk... 

OPU day #24-01-2014#
Pukul 6pagi tepat gw tiba di siloam, langsung ke meja admin siloam. Setelah itu menunggu si dokter dateng.. 
Pukul 7.30 gw dipanggil masuk ruangan.. Dipasang infus dan menunggu dengan dag dig dug.. Perasaan jelas amburadul.. Ga lama menunggu pasien OPU nomer 1 uda selese , mata dia merah (mampus ni gw) ... 
Jreng jreng jreng ... Waktunya OPU.. 
Tangan kaki ga di iket.. Di streril dan proses OPu berjalan dengan 
1. Dibersiin jalan lahir : ga sakit, cuman kaget
2. Tongkat UsG : biasa aja
3. Jarum : ini nih biang kerok nyeri.. 
Dengan tari napas panjang rasa nyeri berangsur biasa aja.. 
Opu gw berjalan sekitar 8menit.. Tapi itu moment menit yang paling panjang di idup gw..
Perasaan setelah OPU, jelas happy karen the hardest part has been passed..
Yang di rasa: sakit perut kaya mau be*l(di hari OPu doank, besok nya uda ga berasa apa-apa), nipple sakit.. 
NB: gw dapet 6telur oocyte

Embrio Transfer #27-01-2014#
Di sarankan untuk minum 600ml sebelom ET.. Mungkin deg2an super kali ya, mesti minum banyak, tetep aja berasa blom mo pipis.. 
Dari 6 telur oocyte dapat 3embrio yang berkembang baik.. Dan 3-3 nya masuk ke gw #"bertahan ya nak"# .. 
Pas awal masuk ruang tindakan masi parno pas Opu kmaren.. Jadi auranya tegang banget meski si suster becanda.. Setelah di steril, kaya di masukin alat buat ngebuka jalannya.. Awalnya kaget doank.. Tapi ga sakit.. Ga bole tegang.. Nunggu berapa saat, dr.aucky muncul dengan pipet nya.. 
Kita di kasi liat gimana si embrio di masukin.. Bentuknya kaya titik kuning gt.. Lucu deh.. Ga nyangka juga kalo sekecil itu.. 
Stelah itu di pakein pempers dan di pindah ke kamar isi 5 .. Posisi tidur , kepala lebi rendah... Enak si.. Ga berasa apa-apa.. Mao gerak juga takut kenapa-kenapa.. Maklum masi parno keguguran kemarin..
5jam stela berbaring bercampur pipis yang ampe ke rambut, gw mandi dan pulang.. 
Yang di rasa: ga kerasa apa2.. Suami terus ngingetin untuk jangan banyak gerak dan jalan pelan-pelan.. 

Suntik penguat #1 #29-01-2014#



(WISH ME LUCK!!)

Untuk harga lebi detail buka Total biaya IVF / Bayi tabung


To be continued ......

No comments:

Post a Comment